Minggu, 16 Januari 2011

Tipe Kecerdasan Manusia

Kecerdasan merupakan faktor yang penting dalam meraih kesuksesan. Mengenali jenis kecerdasan yang kita miliki akan dapat menolong kita untuk menentukan bakat apa yang terpendam dalam diri kita. Menurut professor Howard Gardner setidaknya terdapat lebih dari 10 jenis kecerdasan, diantaranya : 

1.Kecerdasan Linguistik.
Menyukai kegiatan menulis, membaca, menyimak, berbicara, jago bercerita, menghafal informasi dan menambah kosakata, (seperti nya tipe ini ada pada saya,he8)

2.Kecerdasan Musikal
Bisa mendeteksi ritme pola dan tempo pada hal-hal yang tampaknya tidak memiliki faktor-faktor tersebut (seperti kicau burung, suara jangkrik). Kamu bisa mendengar nada dan titi nada, bisa memainkan lebih dari satu alat musik, dan menyukai banyak jenis aliran musik.

3. Kecerdasan Logika Matematika
Mampu memahami penjumlahan (seringkali di luar kepala). Angka dan rumus matematika adalah hal sepele, suka dengan permainan yang menantang otak.

4. Kecerdasan Visual Spasial
bisa langsung tahu jika ada bangunan, lukisan, orang yang kurang simetris. Jika kamu atlet kamu bisa menentukan dengan hampir sempurna berapa derajat yang dibutuhkan untuk mencetak angka untuk masuk ke gawang atau ring basket. Kamu bisa secara imaginer memutarbalikkan bentuk-bentuk rumit dan kamu bisa menggambar apapun yang kamu lihat. Kamu jago membongkar dan merangkaikan kembali barang-barang, dan maniak game.

5. Kecerdasan Tubuh Kinestetik
Ahli menangani dan memanipulasi objek, selain itu mampu menggerakkan tubuh dengan anggun dan santai. Suka melatih tubuh hingga mencapai kondisi terbaik dan bisa menirukan orang lain dengan sempurna. Berbakat dalam jenis kerajinan tangan, seperti memahat, menjahit, menenun, dll.

6. Kecerdasan Interpersonal
Bisa memahami orang lain dengan mudah, mengetahui suasana hati dan perasaan mereka. Seorang pemimpin alami dan mediator.

7. Kecerdasan Intrapersonal
Paham tentang diri sendiri. Mengerti akan perasaan mimpi, ide yang dimiliki, setia pada tujuan hidup, suka menulis jurnal/ buku harian/ blog/artikel.

8. Kecerdasan Naturalis
Merasakan adanya kaitan yang mendalam antara jagat raya dan penghuninya (tumbuhan dan binatang), suka meneliti dan mengamati dunia luar, berbakat dalam berkebun dan memasak (absolutely not my tipe).

9. Kecerdasan Eksistensial
Suka dan memiliki bakat bergulat dengan pertanyaan-pertanyaan sulit. Seperti hakikat hidup, hakikat mati, siapa kita sebenarnya, kenapa kita hadir di dunia ini, dan kenapa dunia ini tercipta.

10. Kecerdasan Spiritual
Sensitif dan memiliki minat pada hal-hal yang bersifat spiritual dan religius. Mungkin juga pernah mengalami pengembaraan spiritual dan pencerahan. Atau bentuk lain seperti bisa merasakan kehadiran “makhluk lain”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar