Senin, 25 April 2011

Triple filter Test Socrates

Suatu hari datang seseorang (Mr.A) dan berkata kepada Socrates (filsuf yunani kuno): Tahukah Anda apa yang saya dengar tentang teman anda?

Socrates menjawab: Sebelum Anda menceritakan apapun pada saya, saya akan memberikan sebuah test sederhana, yang disebut Triple Filter Test!

Mr.A: Triple filter Test?

Socrates: Benar, Sebelum kita bicara tentang teman saya, saya kira bagus kalau kita mengambil waktu beberapa saat dan menyaring apa yang akan Anda katakan, itulah sebabnya saya menyebutnya triple filter test.

Socrates: Filter petama adalah KEBENARAN, apakah anda yakin sepenuhnya bahwa yang akan anda katakan pada saya benar?

Mr.A: Tidak, Sebenarnya saya hanya mendengar tentang itu.

Socrates: Baik, Jadi anda tidak yakin bila yang anda dengar itu benar.

Socrates: Baiklah, Sekarang saya berikan filter yang kedua adalah KEBAIKAN, Apakah yang akan anda katakan tentang teman saya itu sesuatu yang baik?

Mr.A: Tidak, malah sebaliknya.

Socrates: Jadi anda akan berbicara tentang sesuatu yang buruk tentang seseorang, tetapi anda tidak yakin apakah itu benar.

Socrates: anda masih memiliki 1 kesempatan lagi karena masih ada 1 filter lagi, yaitu filter KEGUNAAN.

Socrates: Apakah yang akan anda katakan pada saya tentang teman saya itu berguna bagi saya?

Mr.A: Tidak, sama sekali tidak.

Socrates menyimpulkannya: Jadi, bila anda ingin mengatakan sesuatu yang belum tentu benar , buruk dan bahkan tidak berguna, mengapa anda harus mengatakannya kepada saya?

Triple Filter Test Socrates dapat digunakan setiap kali mendengar sesuatu tentang kawan dekat atau kawan yang Anda kasihi, silahkan diterapkan dalam hidup anda, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar