Kamis, 13 Januari 2011

Kejujuran testimoni dalam dunia bisnis

Kejujuran adalah kebijakan customer care yang terbaik. Temukan bagaimana pelanggan bisa mempercayai Anda. Jika Anda tidak menawarkan servis yang spesifik, apakah Anda mengatakan yang sebaliknya? Akankah Anda mengatakan Anda buka di saat2 tertentu, padahal tidak? Atau Anda menerima pembayaran tertentu, padahal tidak?

Contoh: ada seorang pengusaha, yang tidak pernah jujur. Mengapa? Agar orang mau mampir di tempatnya. Tapi pada intinya semua yang mereka upayakan hanyalah membuang waktu dan mengecewakan orang lain. dia tidak pernah menghadapi pelanggan yang kesal. Karyawan dibiarkan mengatasi kekacauan yang terjadi.

Seringkali bos berbohong kepada karyawan, dan karyawan pun berbohong kepada pelanggan tanpa sepengetahuan karyawan, dan diantara karyawan pun terjadi bohong membohong, Kacau bukan? Ini bukan lingkungan yang sehat.

Ini juga salah satu kesalahan terbesar yang dibuat dalam bisnis. Jika pelanggan tidak mempercayai Anda, bagaimana mereka (pelanggan) merasa nyaman dan mereferensikan Anda pada teman2nya ? Bagaimana karyawan bisa merasa yakin untuk mempromosikan Anda?

Apa yang harus Anda lakukan?
Mengapa tidak mencoba jujur? Jika Anda jujur, Anda membangun kepecayaan. Mereka akan menghargai anda membantu mereka mencarikan orang yang bisa membantu mereka. Dan mereka akan mengingatnya ketika teman mereka membutuhkan bantuan anda. Dan dalam kondisi ekonomi saat ini, kepercayaan menjadi sangat berharga. Karena ini membuat orang merasa nyaman dengan apa yang anda lakukan.

Apa yang terjadi jika orang merasa nyaman dengan bisnis Anda?
Tentu saja mereka akan mempromosikan anda. Dan orang2 ini lebih kredibel daripada apapun yang bisa anda katakan tentang diri anda. Inilah mengapa testimoni menjadi begitu penting dalam dunia bisnis sebagai strategi pemasaran.

Dengan tujuan untuk meyakinkan atau mempengaruhi calon konsumen tentang produk/jasa yang kita dijual. Secara psikologis, kita akan tertarik dengan suatu barang apabila ada orang lain yang mengatakan (testimoni) bahwa barang tersebut bagus.

Sangat hebat lagi bila testimoni yang diberikan itu berasal dari publik figure, orang terkenal atau orang yang punya basis masa yang kuat. Maka testimoni tersebut akan semakin mempunyai nilai yang tinggi dan dipercaya. Tentunya kesaksian tersebut adalah tentang manfaat apa yang diperoleh konsumen ketika mengkonsumsi/membeli produk dari perusahaan tersebut.
                                                                                                                        
Testimoni yang jujur memberikan kesempatan pada orang lain untuk melihat anda bekerjasama dengan siapa saja, dan bagaimana kualitas sebenar nya produk anda. Konsumen potensial selalu mencoba menempatkan pada posisinya. Mereka bertanya pada dirinya sendiri, "Apakah orang ini seperti saya? Apakah mereka memiliki masalah, dan tujuan yang sama seperti saya?"

Cara terbaik membuat testimoni adalah dengan menggunakan nama lengkap, identitas dan gambar jika memungkinkan. Gambar sangat penting. Sekali lagi pelanggan potensial ingin melihat apakah mereka cocok dengan bisnis Anda.

Sekarang Anda berpikir, apakah orang benar2 membaca testimoni?
Jawabannya adalah iya, Jika mereka memiliki beberapa substansi terhadapnya. Namun, ketika semua testimoni sudah usang, orang akan mengembangkan apa yang saya sebut dengan "Kebutaan Testimoni". Seperti kebutaan iklan yang banyak kita temui saat ini.

Bagaimana menghindari "Kebutaan Testimoni?"
Satu cara adalah dengan membuat testimoni anda mengatasi hambatan yang dimiliki pelanggan potensial. Ada beberapa jenis keraguan di bagian pelanggan anda sebelum mereka memutuskan bekerjasama dengan anda. Tanyakan apa hal tersebut.

Seperti kebanyakan orang lain akan menghadapi hambatan yang sama. Jika seorang pelanggan yang puas bisa menenangkan pikirannya, anda telah mempermudah pelanggan potensial untuk berbisnis dengan anda.

Tapi ingatlah, semua ini berawal dari kejujuran.
Dan tentu saja pelayanan yang sangat baik. Tapi jika pelanggan tidak mempercayai anda, mereka tidak akan mempromosikan anda. Maka akan lebih sulit untuk melakukan bisnis lagi,dan sulit menarik pelanggan lain untuk bekerja sama.

Apakah anda memiliki testimoni yang jujur?
Mulai rencanakan dan lakukan sekarang. Dan gunakan secara strategis untuk mendukung anda. Anda juga akan belajar banyak hal tentang usaha anda dan bagaimana pelanggan menerima anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar