Rabu, 12 Januari 2011

Thomas Alfa Edison (1847-1931)

Masa Muda


Jenius = 1 % inspirasi + 99 % kerja keras, Edison

Ia lahir di ohio, AS, pada tgl 11 feb 1847. Pada mulanya dianggap bodoh oleh gurunya, sehingga dia dikeluarkan dari sekolahnya. Ibunya memutuskan untuk mengajari sdiri anaknya, karena tak ada sekolah yang mau menerimanya. Pada usia 12 tahun ia bekerja sebagai penjual koran, hidup nya berpindah2, kemudian dia menjadi operator telegraf yang mengirimkan berita bisnis ke perusahaan-perusahaan terkemuka di New York.

Karier penemuannya diawali setelah membaca buku School of Natural Philosophy karya RG Parker (petunjuk praktis untuk melakukan eksperimen di rumah) dan Dictionary Of Science. Tahun 1870 dia menemukan mesin telegraf yang lebih baik, yang dapat mencetak pesan2 diatas pita kertas yang panjang. Uang yang dihasilkan dari penemuan itu cukup untuk mendirikan perusahaan sendiri. Tahun 1874 di pindah ke menlo park, New Jersey. Disana dia membuat sebuah bengkel ilmiah yang terbesar dan yang pertama di dunia, dan banyak melakukan penemuan-penemuan yang penting.

Tahun 1877 dia menemukan gramofon (alat pemutar lagu dimasa lalu). Tahun 1879 dia berhasil menemukan lampu listrik, kemudian menemukan proyektor untuk film2 kecil. Tahun 1882 dia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sepanjang 1 km di kota New York. Tahun 1890 dia mendirikan perusahaan GENERAL ELECTRIC. Dia telah menemukan 1.093 buah alat dan telah dipatenkan.

Dia juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan AS, beberapa penelitian nya antara lain: mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop (teropong kapal selam) dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan terpedo dengan jaring, menaikan kekuatan terpedo, kapal kamuflase.

Pada saat menemukan Lampu pijar dia mengalami 9.998 kali kegagalan. Baru pada percobaannya yang ke 9.999 dia berhasil menciptakan lampu pijar yang benar2 menyala terang. Dia sempat ditanya: Apa kunci kesuksesannya?. Dia menjawab “SAYA SUKSES, KARENA SAYA TELAH KEHABISAN APA YANG DISEBUT KEGAGALAN dan DENGAN KEGAGALAN TERSEBUT, SAYA MALAH MENGETAHUI RIBUAN CARA MEMBUAT LAMPU TIDAK MENYALA”.

Menurut dia kegagalan bukanlah kekalahan, tapi kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda, dan manusia tidak akan lebih baik apabila tidak pernah melakukan kesalahan. Yang luar biasa, dia masih mampu meyakinkan orang lain untuk mendanai “PROYEK GAGAL” nya yang berulang-ulang, apakah kita bisa melakukan nya?



Dia meninggal di usia 84, di hari ultah penemuan nya yang terkenal, bola lampu modern. Pada tahun 1928 ia menerima penghargaan medali khusus dari Kongres As.

Keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar